Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi tanpa Obat

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi tanpa Obat
Sekira sebulan yang lalu, saya merasakan pegal-pegal di sekitar punggung. Dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi, rasa pegal itu tak juga hilang.

Kemudian saya berkonsultasi dengan dokter, dan disarankan untuk cek kolesterol. Dengan berbekal sebuah surat, sayapun mendatangi puskesmas terdekat. Sayang, disitu hanya ada alat untuk mengukur total. Namun, ternyata memiliki tingkat akurasi sekitar 95 persen atau mendekati hasil pengukuran dengan menggunakan darah di laboratorium. Dan hasilnya, cukup mencengangkan: 241.

Ternyata, tubuh yang kurus tidak menghindarkan saya dari kolesterol tinggi, maklum saya pencinta ayam goreng pinggir jalan, segala jenis gorengan, masakan padang yang berkuah santan dan faktor yang paling mempengaruhi mungkin karena saya kurang berolah raga, bisa dibilang jarang sekali berolah raga.

dan hari ini, melalui pemeriksaan kimia darah pada laboratorium, alhamdulillah, kolesterol saya kembali normal. dengan hasil: Triglyserid 90 mg/dl (<200), Cholesterol 173 mg/dl (<200), HDL-cholesterol 44.8 mg/dl (35-55) dan LDL-cholesterol 109.8 mg/dl (<130).

Bagaimana bisa?

ternyata cara yang paling mudah untuk menurunkan kolesterol adalah dengan olahraga teratur, minimal 15-30 menit/5 kali seminggu, serta menghindari makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Hanya itu? tanpa obat?

Iya. Kata dokter pribadiku (maksudnya istri saya, she is a doctor :D ), sepanjang bisa turun tanpa obat, itu lebih baik. Caranya adalah diet/mengurangi makanan berkolesterol tinggi dan rajin olah raga. Meminjam tagline sebuah iklan susu kesehatan: trust me, it works!
sumber: kompasiana.com  Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi tanpa Obat
Artikel Kesehatan Menarik lainnya:
Tubuh Gemuk Ternyata Belum Tentu Sehat
Lifebuoy Dukung Dokter Kecil Award 2011


Category Article

What's on Your Mind...